Books

Contents

Halaman ini berisi buku-buku ilmiah dalam format akses terbuka, dapat di unduh dan di cetak secara gratis untuk memenuhi kebutuhan riset akademis yang dibutuhkan oleh pengunjung IIRS-Center.

Realism in Practice: An Appraisal – Edited by Davide Orsi, J.R. Avgustin & Max Nurnus

Dalam buku ini, pembaca akan melihat relevansi dan validitas realisme saat ini sebagai suatu pandangan dalam Hubungan Internasional kontemporer. Tiap bab buku ini membahas realisme secara teoritis dan membahas isu-isu penting dalam politik dunia kontemporer seperti krisis pengungsi di Eropa dan Timur Tengah; perang melawan ISIS; munculnya aktor non-negara dan agen penjahat; kebangkitan China; cyberwarfare; HAM dan Hukum Humaniter melalui lensa teori realisme untuk memberikan suatu konseptual yang masih relevan. Secara keseluruhan, buku ini menunjukkan pemaparan apakah realisme dapat menjawab tantangan politik dunia yang semakin meningkat, meskipun teori realisme memiliki banyak kekurangan.

The Clash of Civilizations: Twenty Years On – Edited by J. Paul Barker

Clash of Civilization karya Huntington menawarkan pemahaman mengenai budaya yang akan menjadi pusat konflik internasional di masa depan. Menurut Samuel Huntington, dunia akan kembali pada multi-kutub default, dimana setiap kutub menjadi pusat budaya/agama/etnis yang selalu ada dalam sejarah dunia. Premis Huntington adalah dengan runtuhnya Uni Soviet dan komunisme, menandakan berakhirnya Perang Dingin dan oleh karena itu kita membutuhkan paradigma baru dalam memandang hubungan internasional dengan kembali melihat dari sisi budaya/agama/etnis.

International Relations Theory – Edited by: Stephen McGlinchey, Rosie Walters and Christian Scheinpflug

Buku ini adalah buku yang baik untuk memahami teori HI bagi pemula atau bagi pembaca yang ingin menyegarkan ingatan mereka tentang teori HI yang pernah dipelajari dulu. Dalam buku ini pembaca akan melihat pemaparan mengenai teori realisme, liberalisme, english school, konstruktivisme, marxisme, teori kritis, post-strukturalisme, feminisme, post-kolonialisme, teori hijau, keadilan global, teori sekuritisasi, perspektif Asia, global south perspectives, dan perspektif kontemporer.

New Perspective on China’s Relations with the World: National, Transnational, and International – Edited by Daniel Johanson, Jie Li and Tsunghan Wu

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana suatu “China’s Carrot and Stick” pada wilayah-wilayah di Tiongkok seperti Xinjiang dan Tibet. Sehingga buku ini tidak hanya berkutik pada tren dan tema baru kebijakan luar negeri Tiongkok yang menawarkan perspektif-perspektif baru tentang interaksi dan aktivitas Tiongkok di dunia, melainkan melihat pula pada perkembangan diplomasi dalam negeri secara trans-nasional. Pembaca juga akan melihat bagaimana “China’s Belt and Road Initiative” menjanjikan pembangunan ekonomi yang besar bagi negara-bangsa, sehingga banyak masyarakat yang mendukungnya.

Meditations on Diplomacy: Comparative Cases in Diplomacy Practice and Foreign Policy – Stephen Chan

Relevansi diplomasi menjadi praktik yang terus berkembang dalam hubungan internasional berdasarkan arah tujuan dan kepentingan nasional (negara), sehingga dalam buku ini pembaca akan melihat secara singkat suatu contoh kasus yang relevan dan yang menjadi tantangan diplomasi saat ini.

Reprogramming the World: Cyberspace and Geography of Global Order – P.J. Blount

Seiring perkembangan teknologi dan informasi di dunia, saat ini kita menghadapi beragam tantangan dunia maya. Dalam buku ini akan melihat bahwa teknologi digital mengubah cara masyarakat memahami dan berpikir tentang tatanan global saat Cyberspace mengubah konten perbatasan internasional. Memahami perkembangan ini sangat penting untuk memahami masa depan masyarakat global.

The system, Society, and the World: Exploring the English School of International Relations (Second Edition) – Edited by Robert W. Murray

Buku ini menjelaskan mengenai pendekatan English School atau masyarakat negara bagian hubungan internasional dalam memahami bagaimana sistem dunia beroperasi. English School dirancang untuk menggabungkan dua teori utama yang mencoba menjelaskan hasil internasional, yaitu realisme dan liberalisme. Pada Edisi kedua ini, penulis menyatukan beberapa suara terpenting dalam English School untuk menyoroti sifat multifaset dari setiap pendekatan sekolah-sekolah hubungan internasional.

The United Nations: Friend or Foe of Self-Determination? – Jakob R. Avgustin

Buku menggunakan pendekatan praktis untuk membahas peran PBB dalam menentukan keputusan suatu isu. Dalam buku ini juga membahas konflik-konflik yang seringkali mengancam nasib kedaulatan suatu negara.

Time, Temporality, and Global Politics – Edited by Andrew Hom, Alasdair McKay, Christopher McIntosh & Liam Stockdale

Buku ini membahas topik-topik seperti perang, terorisme, identitas, gender, etika global, dan pemerintahan untuk menunjukkan bagaimana suatu fenomena HI dapat meningkatkan pemahaman kita tentang dunia. Asumsi tentang temporalitas merupakan inti dari banyak teori politik dunia, sementara waktu adalah komponen penting dari kondisi manusia dan realitas sosial kita.

Great Power Policies Towards Central Europe 1914-1945Aliaksandr Piahanau

Buku ini memberikan gambaran umum tentang berbagai bentuk kebijakan yang memiliki kekuatan besar terhadap Eropa Tengah antara 1914 dan 1945. Dalam buku ini melibatkan analisis tinjauan diplomatik, militer, ekonomi, dan budaya Jerman, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat menuju Hongaria, Polandia, negara-negara Baltik, Cekoslowakia, dan Rumania.

Environment, Climate Change, and International Relations – Edited by Gustavo Sosa-Nunez & Ed Atkins

Masalah lingkungan dan perubahan iklim menjadi isu yang kompleks dalam Hubungan Internasional. Sehingga kompleksitas tersebut menjadikan fenomena itu sulit diatasi bagi pemerintahan internasional. Dalam buku ini pembaca akan melihat suatu perspektif tentang jalan ke depan dalam melihat perkembangan lingkungan dan hubungan internasional pasca Konferensi Paris 2015 yang sering bertolak belakang dengan isu pembangungan dan ekonomi. Buku ini mengeksplorasi jalan terbaik dalam menilai masalah lingkungan sebagai masalah pemerintahan internasional.

Nations under God: The Geopolitics of Faith in the Twenty-First Century Р Edited by Luke M. Herrington, Alasdair McKay & Jeffrey Haynes

Buku ini menbahas diskusi tentang agama dan politik yang berfokus pada peran kompleks yang dimainkan agama dalam urusan dunia. Buku ini menyajikan analisis yang seimbang tentang peran multifaset yang diambil oleh agama dan aktor agama dalam politik global.

Reflections on the Posthuman in International Relations: The Anthropocene, Security, and Ecology – Edited by Clara Eroukhmanoff & Matt Harker.

Buku ini memaparkan diskusi tentang keterkaitan antara objek, organisme, mesin, dan kekuatan suatu unsur di luar garis teritorial tradisional hubungan internasional. Buku ini menjelaskan kompleksitas yang ada di dunia dan mengedepankan pluralitas pandangan tentang posthumanisme.

Sexuality and Translation in World Politics – Edited by Caroline Cottet and Manuela Lavinas Picq

Dalam buku ini pembaca akan melihat bagaimana seksualitas dalam politik dunia memaksa kita untuk menghadapi masalah emansipasi, kolonisasi, dan kedaulatan, dimana kerangka kerja global dianut atau dilawan secara lokal. Menerjemahkan seksualitas adalah tindakan politik yang terjerat dalam politik kekuasaan, imperialisme, dan intervensi asing.