Peluang dan Tantangan Pembangunan Kanal Kra Thailand

Kawasan Asia Tenggara memiliki banyak negara berkembang pada kawasan ini membuat pola pertumbuhan ekonomi akan selalu berpusat pada perkembangan regional. Perkembangan ekonomi regional ini akan terdorong apa bila negara memiliki infrastruktur negara yang layak. Melalui jalur perdagangan laut Asia Tenggara banyak negara Asia yang ingin turut serta melaui regional ekonominya. Seperti pada Cina yang mendorong Geografi politiknya dengan The Silk Road Economi Belt nantinya akan menghubungkan Cina dengan Asia Tenggara, Asia Selatan, dengan Samudera Hindia (Rahmadani et al., 2019). Dengan mempermudah akses perekonomian laut maka kekuatan ekonomi regional tersebut akan meningkat satu negara untuk negara lainnya. Pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu harapan untuk memulih perekonomian negara, layaknya Thailand ingin memunculkan salah satu konsep pembangunan infrastruktur pembangunan Kanal Kra. Yang dari dahulu tidak pernah terealisasi karena beberapa alasan politik. Konflik politik internal ini yang membuat pola kepentingan nasional Thailand menjadi terganggu.

Proyek pembangunan Kanal Kra adalah projek pembuatan kanal yang membentang di daratan Thailand yang memecah di Thailand. Tujuan dari proyek pembangunan kanal ini merupakan salah satu cara Thailand untuk mempercepat pelayaran kapal agar perekonomian bergerak dengan efektif. Terusan Kra yang akan membelah daratan Thailand ini sudah terkonsep sejak tahun 1677 direncanakan oleh Raja Narai ketika arsitek Perancis, De Lamar, dengan gagasan membuat terusan yang menghubungkan Songkhla dengan Marid (Harahap, 2019). Proyek tersebut kurang berjalan lancar hingga sekarang, karena terjadinya konflik politik dalam negeri Thailand yang tidak stabil.

Pada sekitaran tahun 2015 pembangunan infrastruktur kanal Kra ini direalisasikan oleh Thailand, untuk membangun jalan Sutra dengan Cina dengan ditandatanganinya Mou ‘the China – Thailand Kra Infrastructure Investment and Development’ dengan Asia Union Group. Memperpendek lintasan kapal laut ini, merupakan cara mengefisiensi perekonomiannya. Terusan Kra disinyalir akan menjadi jalur alternatif yang akan mempengaruhi geopolitik Asia Tenggara (Peng Er, 2018). Terusan Kra tersebut akan diperkirakan akan membentang dari provinsi Songkhia ke provinsi Satun dengan memotong jalur darat untuk dijadikan perairan.

Dengan dibangunnya Terusan Kra yang dimungkinkan berhasil memberi efisiensi terhadap penyingkatan waktu pelayaran di daerah Asia Pasifik tentu akan memberi dampak kerugian yang signifikan pada Terusan Malaka yang telah terlebih dahulu dibuat. Maka dari itu terusan Kra nantinya akan mengesampingkan Selat Malaka membawa dampak besar bagi perekonomian negara-negara yang menggangtukan perekonomian pada Selat Malaka. Pada pembangunannya, Terusan Kra akan menimbulkan keuntungan atau kerugian bagi negara-negara di Asia Tenggara. Negara-negara yang akan menerima keuntungan besar dari pembangunan terusan ini adalah Myanmar, Kamboja, dan Vietnam. Negara tersebut memiliki Southern Economic Corridor (SEC) yang mana dapat mengembangkan wilayah pantainya untuk meningkatkan industri dan wisata sepanjang pesisir timur Thailand (Sisovanna, 2012, Chapter 4).

Referensi

Harahap, I. 2019. Dampak Pembangunan Terusan Kra di Thailand Terhadap Ekonomi Indonesia. Jurnal Wacana Politik, 4(1). 68-80. https://jurnal.unpad.ac.id/wacanapolitik/article/view/20104/pdf

Peng Er, L. 2018. Thailand’s Kra Canal Proposal and China’s Maritime Silk Road: Between Fantasy and Reality?. Asian Affairs: An American Review, 45(1). 1-17. https://doi.org/10.1080/00927678.2017.1410403

Rahmadani, S., Kusmanto, H., & Warjio, W. 2019. Strategi Cina Menghadapi “Malacca Dilemma” dalam Rangka Pengamanan Jalur Energi Cina di Selat Malaka, Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11(1). 141-148.https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12304

Sisovanna, S. (2012). A Study on Cross-Border Trade Facilitation and Regional Development Along Economic Corridors in Cambodia. Dalam Sisovanna, S. Trade Facilitation and Regional Development Along Economic Corridors in Cambodia (eds. 1, 110-147). Bangkok Research Center.

Author:

3 thoughts on “Peluang dan Tantangan Pembangunan Kanal Kra Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *