Upaya Jepang Dalam Menyelesaikan Terorisme di Afghanistan

Jepang yang membentuk militernya sebagai batas pertahan diri dalam menyelesaikan konflik sengketa internasional, batasan pertahan militer yang dilakukan oleh Jepang dianggap langkah yang bijak untuk negaranya agar ditakuti oleh negara-negara tetangga karena kebangkitan militernya. Jepang yang melakukan kontribusinya dalam memerangi terorisme di Afghanistan karena Jepang sadar bahwa negaranya memiliki investasi besar di Afghanistan, hal tersebut dilakukan Jepang secara halus. Selain Jepang memiliki investasi besar di Afghanistan, kedua negara tersebut juga mempunyai hubungan diplomatik yang baik. Jepang yang menempatkan negaranya sebagai bagian dari tentara multinasional dibawah pimpinan Amerika Serikat (Mathur, 2004). Terorisme yang terjadi di Afghanistan membuat Jepang turun tangan dalam melawan terorisme yang terjadi di negara tersebut, Jepang pada awalnya melakukan dukungan melalui finansial kepada Afghanistan ternyata dianggap belum signifikan, maka dari itu Jepang juga melakukan dukungannya dengan memberikan fasilitas milter dan kerja sama kepada Amerika Serikat yang berkaitan dalam memerangi terorisme yang terjadi.  

Dukungan Jepang dalam ikut serta untuk memerangi terorisme di Afghanistan dengan mengirimkan kapal MSDF ke kawasan Samudra Hindia sebagai dukungan operasi militer di Amerika Serikat dengan tujuan membantu negara tersebut untuk perdamaian karena Jepang menganggap bahwa negara tersebut telah melanggar konsistusinya dalam melakukan tindakan bela diri negaranya. Jepang juga mengirimkan helikopter ke Afghanistan untuk pertahanan dirinya melalui jalur darat demi menjaga perdamaian. Tidak hanya finansial dan dukungan militer saja yang di berikan oleh Jepang kepada Afghanistan, tetapi Jepang juga melakukan konferensi internasionalnya untuk mempertemukan negara-negara dalam mendukung keamanan dan memberikan stabilitas di kawasan-kawasan yang sedang diperangi oleh terorisme seperti Afghanistan. 

Jepang juga memiliki tujuan lain dalam membantu melawan terorisme yang terjadi di Afghanistan, Jepang yang ingin mendapatkan keuntungannya dari cadangan gas, minyak, uranium dan mineral lainnya yang berada di Afghanistan, Afghanistan juga memiliki peran penting dalam geopolitik untuk Jepang. Dukungan Jepang untuk Afghanistan sebagai pondasi dalam memperkuat solidaritasnya dengan negara-negara lain yang ini berpartisipasi dalam operasi kontraterorisme. Jepang berusaha dalam memposisikan negaranya sama dengan strategi global Amerika Serikat (Wredhanto, 2018). Upaya yang dilakukan Jepang untuk meningkatkan globalnya dengan Amerika Serikat sebagai penangan perdamaian. Jepang melawan terorisme di Afghanistan yang digerakan oleh Amerika Serikat. Jepang juga memberikan bantuan kepada Afghanistan untuk pemerintahan di negaranya untuk menjadikan negaranya yang mempunyai sistem demokrasi. Jepang menganggap bahwa Afghanistan sebagai negara dimana terorisme berkembang, maka dari itu upaya Jepang salah satunya dalam melawan terorisme di negara tersebut ingin menjadi negara yang memerangi terorisme.

Kesalahan Jepang dalam membantu melawan terorisme di Afghanistan dengan melakukan kekerasan militer. Amerika Serikat yang memisahkan dirinya dari Afghanistan memberikan mandat kepada Jepang untuk melakukan perannya dalam konflik yang terjadi di Afghanistan. Dengan memperluas perannya di konflik Afghanistas, Jepang jadi meningkatkan panggung globalnya tetapi tetap dalam aliansi Amerika Serikat sebagai pengamanan negaranya (Freitas, 2015). Jepang yang terkenal dengan minimnya peran militer di negaranya tidak membuat Jepang menyurutkan keinginannya dalam ikut serta sebagai pasukan multinasional yang menjaga keamanan internasional. Terorisme yang terjadi di Afghanistan, Jepang menjadikan undang-undang khusus terorisme menjadi dasar untuk membantu melawan terorisme di Afghanistan. Peran yang dijalankan oleh Jepang dalam melawan terorisme di Afghanistan mendapat apresiasi oleh Presiden Amerika Serikat dalam berbagai badan intelijen sangat penting di wilayah operasional. Jepang yang berjanji untuk terus mendukung Afghanistan dalam melawan terorisme dan menjaga kestabilitasan Afghanistan.  

Referensi 

Freitas, A. T. D. S. (2015). Dukungan Jepang Dalam Melawan Terorisme Era Pemerintahan Koizumi 2001-2006. 1(3). https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/12876.  

Mathur, A. (2004).  Japan’s Changing Role in the US-Japan Security Alliance. 28(4), 503-525. https://idsa.in/system/files/strategicanalysis_arpita_1204.pdf.  

Wredhanto, D. M. (2018). Reinterpretasi Pasal 9 Konstitusi 1947 Jepang: Potensi Ancaman Dalam Komitmen Jepang Pada War on Terror4(4), 660-667. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jihi.  

Author: Hilfi Nihlatulhusna

Mahasiswa Hubungan Internasional semester 7 di IISIP Jakarta

54 thoughts on “Upaya Jepang Dalam Menyelesaikan Terorisme di Afghanistan

  1. Pingback:flouting
  2. Pingback:elo job

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *