Pengaruh Korean Wave Terhadap Kebudayaan di Asia Tenggara

Globalisasi menciptakan sebuah kompetisi dan saling ketergantungan antara negara-negara di dunia. Globalisasi selalu diidentikkan dengan negara Amerika Serikat atau biasa kita sebut dengan nama Westernisasi (Hochschild, 2006). Sebagai negara super power yang mampu menarik banyak minat masyarakat dunia, namun terdapat sebuah fenomena menarik yang sedang populer di kalangan masyarakat akhir-akhir ini yang dinamakan Korean Wave. Apakah Korean Wave itu? Korean Wave merupakan  strategi yang dirancang untuk membangkitkan perekonomian negara Korea Selatan yang sempat mengalami krisi ekonomi, terutama setelah terjadi krisis ekonomi di akhir tahun 1990-an. Korean wave sendiri merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan tersebarnya kebudayaan Korea Selatan ke berbagai negara secara global termasuk Asia Tenggara, dari pengertian diatas dapat kita sebutkan bahwa Korean Wave bisa dikategorikan sebagai salah satu fenomena (Robertson, 1992).

Korean Wave sendiri mampu menarik banyak minat dan perhatian masyarakat dunia dan menjadi sebuah produk yang menjanjikan yang mampu mengembalikan kestabilan negara Korea Selatan dan memperluas pasarnya sehingga ke berbagai negara di belahan dunia terutama negara – negara di kawasan Asia Tenggara. Korean Wave atau sering juga disebut dengan Hallyu sudah bukan istilah yang asing lagi bagi masyarakat dunia, bahkan pengaruh Korea itu telah melanda sebagian remaja di kawasan Asia Tenggara. Korean Wave atau Hallyu tengah melanda  para remaja di kawasan Asia Tenggara. Berbagai macam produk yang berkaitan dengan Korea Selatan perlahan masuk ke negara – negara di kawasan Asia Tenggara dan banyak mengubah selera dan minat remaja masa kini tentang sebuah tren mode atau pun musik yang dulu sempat dibawa oleh budaya Western dari Amerika Serikat.

Arus globalisasi menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya  Korean Wave masuknya budaya Korea Selatan ke negara – negara di kawasan Asia Tenggara menjadi target utama bagi negara-negara kapitalis terutama Korea Selatan. Korean Wave tersebut sudah menjamur ke berbagai bidang kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Pengaruhnya cukup drastis, dimulai dari cara berpakaian, gaya hidup, selera musik, selera film dan bahkan drama. Hampir setiap hari baik media cetak maupun elektronik menyajikan berbagai macam berita dan hiburan ala Korea Selatan secara masif. Korean Wave ternyata bukan hanya melanda kalangan remaja namun masyarakat secara umum juga banyak yang turut terpegaruh bahkan acara – acara hiburan Korea Selatan banyak di siarkan di berbagai negara di belahan dunia termasuk kawaan Asia Tenggara yang menyebabkan banyak negara – negara yang kehilangan kekhasannya atau ciri utamanya karena terlalu berkiblat pada Korean Wave.

Berkembangnya budaya pop Korea atau Hallyu di negara-negara Asia Tenggara menunjukkan adanya sebuah transformasi budaya asing ke negara lain. Tentu perkembangan budaya Hallyu ini menjadi masalah penting bagi negara – negara yang ikut terpengaruh karena rata – rata usia masyarakat yang terkena dampak Korean Wave ini adalah masyarakat yang berada di usia produktif yang diharapkan dapat mengembangkan budaya negaranya sendiri. Akibat Korean Wave ini banyak kalangan remaja yang lebih senang mempelajari budaya Korea Selatan dibandingkan dengan  kebudayaan negaranya sendiri.

Budaya yang popular sebenarnya tidak dapat dilepaskan dari peran media massa (Piliang, 1999). Media massa sendiri memeliki peran yang sangat penting sebagai sebuah penghubung antara masyarakat satu dengan yang lainnya melalui media massa yang dihasilkan. Oleh sebab itu banyak negara – negara di kawasan Asia Tenggara yang juga turut memanfaatkan pengaruh Korean Wave ini dengan bekerja sama dengan membuat remake film – film korea dengan ciri khas negaranya masing – masing atau banyak channel – channel televise yang ikut menayangkan acara hiburan Korea Selatan.

Mengapa drama – drama Korea Selatan lebih diminati dibandingkan dengan program lainnya ? yang Pertama, yaitu memiliki alur cerita yang terlihat lebih emosional serta memiliki sisi romantisme dimana para remaja yang sedang dalam masa pubertasnya pasti memiliki ketertarikan yang kuat pada sisi romantisme ini. Kedua, alur cerita yang ditayangkan tentang keluarga kelas menengah para remaja biasanya lebih tertarik dengan tontonan yang menyuguhkan cerita mengenai kehidupan sehari hari yang biasa terjadi dibandingkan dengan cerita fiktif yang tidak mungkin terjadi . Ketiga, alu cerita di dominasi dengan gambaran kehidupan masa kini yang serba modern yang paling diminati remaja masa kini. Keempat, salah satu faktor yang menjadi nilai jual dari drama – drama atau film Korea Selatan adalah aktris dan aktornya yang memiliki tampang nilai jual yang tinggi, yang memiliki proporsi tubuh yang bagus dan juga wajah tampan dan cantiknya. Standar kecantikan di Korea Selatan ternyata cukup untuk membuat banyak negara – negara lain takjub melihat jajaran Aktor dan Aktrisnya.

Dari pemaparan di atas dapat kita simpulkan bahwa Pemimpin Korea Selatan sengaja menciptakan Korean Wave yaitu kebudayaan tradisonal Korea Selatan namun sudah di modernisasi dengan selera masyarakat saat ini dengan standar yang cukup tinggi, dan menjadi bidang bisnis yang sangat menjanjikan dan memiliki nilai jual yang tinggi yang mampu mengangkat krisis ekonomi Korea Selatan dan menjadikan Korean Pop sebagai salah satu industri bisnis utamanya yang dapat meningkatkan perekonomian negaranya secara signifikan .

Referensi

Hochschild, P. J. (2006). Globalization: Ancient and Modern. Journal Intercollegiate Review. 41(1), 40-41. http://www.academia.edu/download/58389839/GlobalizationEMBED.pdf

Piliang, A. Y. (1999). Hiper-realitas Kebudayaan. Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Robertson, R. (2013). Globalization: Social Theory and Global Culture. SAGE Publications. http://dx.doi.org/10.4135/9781446280447

Author: Reni Pratama

International Relations'17

34 thoughts on “Pengaruh Korean Wave Terhadap Kebudayaan di Asia Tenggara

  1. Artikelnya sangat menarik karena mengangkat isu yg kekinian banget yaitu Korean Wave, sangat informatif juga keren banget good job 👍🏻

  2. Penjelasan mengenai pengaruh dari Korean Wave di Asia Tenggara ini sangat menarik. Dan penjelasannya juga sesuai dengan fakta yang ada saat ini. Nice job

  3. Pingback:More Info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *