Mengapa Jepang Ingin Menjaga Keamanan Kawasan Asia Pasifik ?

Pasca perang dingin kawasan Asia Pasifik menjadi suatu kawasan yang menarik perhatian negara-negara di kawasan lainnya. Asia Pasifik  telah mengalami perubahan yang signifikan dalam pembangunan di kawasan. Kawasan Asia Pasifik juga maju dalam bidang ekonomi dibanding dengan negara  di kawasan lainnya pasca terjadinya perang dingin. Kemajuan ekonomi di kawasan Asia Pasifik tidak lepas dari letak strategis yang dimiliki oleh kawasan Asia Pasifik itu sendiri yang memudahkan kawasan ini untuk melakukan perdagangan yang berorientasi pada potensi maritim. Asia Pasifik juga menjadi kawasan destinasi utama dalam  investasi luar negeri, seperti perdagangan, industri manufaktur, serta aktivitas bisnis lainnya. Oleh karena itu keamanan kawasan Asia Pasifik ini menjadi persoalan yang   menarik untuk dijadikan isu penting untuk dibahas. Selain itu juga banyak negara yang menaruh kepentingan nasional  negaranya di kawasan Asia Pasifik ini. Asia pasifik sendiri, merupakan kawasan yang mempertemukan kekuatan besar seperti Amerika Serikat, Jepang,  Rusia, dan China. 

Terjadinya perubahan yang sangat pesat di kawasan Asia pasifik pasca perang dingin ini telah membuat Jepang ingin mengatur ulang kebijakan keamanan yang dimiliki negaranya. Hal ini terjadi dikarenakan Jepang menganggap bahwa Kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan  yang memiliki peran penting dan merupakan kawasan yang berpengaruh, di kawasan Asia Pasifik sendiri terdapat kekayaan alam yang  berlimpah dan membuat negara adidaya berlomba-lomba ingin memanfaatkan dan mengambil kepentingan untuk negara nya di kawasan ini, termasuk dengan apa  yang dilakukan oleh Jepang  yang sudah memikirkan peran dan pengaruhnya di kawasan Asia Pasifik. berbagai upaya dilakukan jepang untuk memenuhi kebutuhannya di kawasan Asia Pasifik dengan aktif bekerjasama dan melakukan tindakan soft power  di berbagai negara dalam kawasan Asia Pasifik tersebut untuk mendapatkan atensi dan kepercayaan dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Jepang juga melakukan pendekatan kepada negara-negara di Kawasan Asia Pasifik dengan memberikan bantuan pembangunan, memberikan investasi asing baik secara langsung maupun tidak langsung, serta melakukan promosi kebudayaan yang dimilikinya.  Sebagai bentuk perhatian khusus Jepang terhadap keamanan di Kawasan Asia Pasifik, Jepang menawarkan kerjasama multilateral dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik seperti adanya ASEAN + 3, serta kerjasama  lainnya, hal ini sebagai bentuk dari strategi keamanan nasional Jepang, dalam upaya menjaga eksistensi di kawasan Asia Pasifik (Matsumoto, 2015). 

Keamanan merupakan suatu fenomena yang  sering menjadi  bahasan  di kawasan regional bahkan hingga di setiap negara dalam kawasan tersebut. Keamanan negara dan kawasan  dapat dipahami dengan melihat dan memahami pola saling ketergantungan keamanan diantara negara-negara dalam suatu kawasan. Seperti adanya ancaman dari luar maka suatu  negara  akan  melakukan  tindakan perlindungan,dan  negara- negara dalam  suatu  kawasan tersebut  akan  bekerjasama  untuk  melindungi kawasannya dari adanya ancaman dari  luar.  layaknya konflik laut China Selatan di kawasan Asia Tenggara – Asia Pasifik. Kemunculan Tiongkok di konflik  Laut China Selatan ini menarik perhatian berbagai negara. Konflik laut China Selatan ini bisa disebut sebagai konflik yang melibatkan dua negara besar di dunia, yaitu Tiongkok dengan Amerika Serikat. Konflik Laut China Selatan ini telah mengganggu keamanan di kawasan, karena tindakan agresif yang dilakukan oleh Tiongkok membuat negara-negara di kawasan menjadi khawatir akan keamanan negara dan kawasan sendiri. ( Rachmat, 2017) 

Akibat dari adanya dominasi Tiongkok di kawasan Asia Pasifik melalui konflik laut China Selatan,  Jepang meningkatkan kehadirannya di kawasan Asia Pasifik terutama ke negara-negara yang terlibat dalam konflik  Laut Cina Selatan dengan cara memberikan 10 kapal patroli kepada Filipina untuk mendukung dalam peningkatan keamanan di negaranya, serta keamanan kawasan. untuk mendukung keamanan di Filipina Jepang juga membuat latihan militer antara Filipina dan Amerika Serikat. selain dengan Filipina Jepang juga menjalin kerjasama dalam bidang keamanan dengan Indonesia dengan sepakat mengadakan pertemuan dialog politik-militer dan dialog militer-militer pada tahun 2016 dengan tujuan untuk meningkatkan komunikasi  dan kerjasama di bidang keamanan dan pertahanan. 

Adanya kehadiran Jepang di kawasan Asia Pasifik tidak semerta-merta hanya ingin membantu kawasan Asia Pasifik dalam bidang keamanan saja. Peningkatan kekuatan militer Jepang ini merupakan suatu wujud dari adanya upaya normalisasi militer yang dilakukan Jepang  dengan adanya pengaruh dari Tiongkok, dikarenakan Tiongkok bisa menjadi ancaman bagi stabilitas keamanan. Oleh sebab itu Jepang mengembangkan kapabilitas militernya dengan  membangun  aliansi bersama  Amerika Serikat, dan memperkuat  hubungan dengan Australia, India, dan  negara-negara di kawasan ASEAN. Kehadiran Jepang di kawasan Asia Pasifik ini juga sebagai bentuk Balance of power Jepang dengan Amerika Serikat dalam menangani ancaman dominasi Tiongkok di dunia Internasional, termasuk dengan kawasan Asia Pasifik, karena kawasan Asia Pasifik ini merupakan kawasan yang sangat strategis dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah.  Sehingga Jepang merasa bahwa kawasan Asia pasifik ini harus dijaga keamanannya. ( Waskito, 2018) 

 Selain itu juga Jepang memiliki tujuan ingin berkiprah lebih besar dalam perpolitikan dunia.   Berbagai upaya telah dilakukan Jepang untuk menjaga eksistensinya di kawasan Asia Pasifik yaitu dengan cara melakukan kerjasama dengan berbagai negara di kawasan Asia Pasifik. dengan tujuan ingin meningkatkan efisiensi serta memungkinkan Jepang untuk mendapat keuntungan dari kerjasama ini terutama dalam ekonominya, dengan menjalin kerjasama di bidang ekonomi, akan membuat terbukanya pasar-pasar domestik sehingga memudahkan Jepang untuk memasarkan barangnya, karena seperti yang kita ketahui bahwa Kawasan Asia Pasifik merupakan kawasan yang strategis serta pasar yang baik untuk melakukan perdagangan. oleh karena itu Jepang tidak ingin adanya dominasi dari pihak lainnya seperti negara power lainnya untuk mendominasi di kawasan Asia pasifik ini, sehingga Jepang menganggap bahwa kehadiran Tiongkok melalui konflik Laut China Selatan   sebagai ancaman bagi Jepang itu sendiri.  Jepang  juga memiliki keinginan untuk memperluas dominasinya di dunia Internasional, yang salah satunya adalah kawasan Asia Pasifik, karena kawasan ini merupakan kawasan yang strategis untuk menyebarkan pengaruh Jepang dalam kawasan Internasional. Jepang juga memiliki tujuan untuk memperluas hegemoninya di kawasan Asia pasifik yang akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Jepang. 

Referensi  

Matsumoto, S.  (2015).  Japan’s Role in Security of The Asia-Pacific Region.  Polish Journal of Political Science, 1(1). 53-72.  http://cejsh.icm.edu.pl/cejsh/element/bwmeta1.element.desklight-54e6354b-72fa-4d22-acbd-2ab5bfad381e/c/PJPS_01_03.pdf 

Rachmat, A. N. ( 2017). Dinamika Keamanan Kawasan Asia Pasifik Dalam Persaingan Kekuatan Maritim China Dan Amerika Serikat. Dauliyah Journal, 2(2). 131-153.  http://dx.doi.org/10.21111/dauliyah.v2i2.1357  

Waskito, M. U. (2018). Pengaruh Peningkatan Kapabilitas Militer Jepang Terhadap Stabilitas  Keamanan di Kawasan Asia Pasifik Tahun 2014- 2017.  [Skripsi, Universitas Islam Negeri Hidayatullah]. Repository uinjkt.  http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43370/1/MUHAMMAD%20UNGGUL%20WASKITO-FISIP.pdf.  

Author:

40 thoughts on “Mengapa Jepang Ingin Menjaga Keamanan Kawasan Asia Pasifik ?

  1. Pingback:instagram audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *