COVID-19 Containment di Taiwan : Bagaiamana Taiwan Berhasil Mencegah Ledakan Pandemi COVID-19

Sampai saat ini, negara-negara di dunia masih saja berusaha untuk menekan ledakan korban yang terinfeksi virus COVID-19. Berbagai peraturan dan tindakan telah dilakukan berbagai negara di dunia dari mulai lockdown, sampai membuat innovasi teknologi baru dalam mengatasi pandemi ini. Namun, apa yang membuat Vietnam berhasil dalam mengatasi ledakan pandemi COVID-19 ini?

Perlu kita ketahui, sebelum adanya COVID-19, dunia juga pernah mengalami wabah virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada tahun 2003. Pada saat itu SARS menjadi virus yang paling mematikan dan dunia mengalami global emergency. Pada saat itu juga, Vietnam menjadi negara pertama yang berhasil mencegah penyebaran virus SARS lebih lanjut. Maka dapat dikatakan bahwa Vietnam memiliki pengalaman terhadap ledakan pandemi dan wabah virus.

Kasus pertama COVID-19 di Vietnam ditemukan pada 23 Januari 2020, orang pertama yang terinfeksi adalah pria Tiongkok berusia 65 tahun yang saat itu sakit karena demam pada 17 Januari tepat empat hari setelah dia dan istrinya terbang ke Hanoi dari Distrik Wuchang di Wuhan (Le et al., 2020). Seterusnya, hingga akhir Maret 2020 Taiwan menjalankan tiga tahap dalam menanggulangi COVID-19. Tahap pertama, berlangsung pada tanggal 23 Januari sampai dengan tanggal 13 Februari, saat 16 orang terinfeksi dinyatakan pulih. Tahap kedua, berlangsung dari 6 Maret sampai dengan 21 Maret, saat itu orang yang memiliki kontak dekat dengan pasien terinfeksi dipantau secara ketat. Tahap ketiga, dimulai pada 22 Maret saat pengendalian semakin sulit dan muncul banyak kasus yang sumber infeksinya tidak jelas. Secara garis besar, pemerintah Vietnam telah menganggap wabah pandemi ini sebagai hal yang serius, dan telah memperingatkan warganya agar bersiap pada scenario yang terburuk pada COVID-19 ini. Terbukti pada minggu pertama sejak ditemukannya kasus pertama COVID-19, pemerintah Vietnam membentuk Taskforce Group dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dengan 24 anggota dari 23 kementerian, komite, pers, dan perwakilan radio dan televisi (Ha et al., 2020).

Pemerintah Vietnam bahkan membuat sebuah lagu untuk memperkenalkan warganya terhadap langkah-langkah preventif dalam mencegah infeksi virus COVID-19. Lagu ini merupakan hasil kolaborasi antara Meteri Kesehatan Vietnam dan juga seorang musisi. Selain itu, Pemerintah Vietnam terus meningkatkan kesadaran warganya melalui berbagai metode, seperti pesan ponsel (Huynh, 2020).

Selain pada pemerintahan, Kementerian Kesehatan Vietnam juga memainkan peran penting dalam pencegahan penyebaran COVID-19. Saat itu, dibentuklah The Emergency Public Health Operations Center untuk memandu Center for Diseases Control (CDCs) antar provinsi dalam cara mencegah dan mengendalikan COVID-19 melalui tindakan mendeteksi kasus, isolasi, penelusuran kasus, dan pengawasan kasus yang dicurigai dan kelompok kontak dekat. Vietnam juga menerapkan isolasi pada orang-orang yang masuk dari atau melalui daerah epidemi dari 21 Maret 2020. Informasi mengenai COVID-19 juga sangat mudah di akses melalui media-media di Vietnam. Masyarakat juga diharuskan untuk mendownload sebuah aplikasi software “NCOVI” untuk memberukan laporan terbaru mengenai kesehatan masing-masing individu dan anggota keluarganya. Untuk fasilitas kesehatan, pemerintah Vietnam menyediakan clinical guideline untuk mendiagnosa dan pengobatan dari pasien yang terjangkit COVID-19.

Jadi secara ringkas, Vietnam berhasil dalam melakukan pencegahan terhadap wabah pandemi COVID-19 karena adanya keseimbangan pada dinamika pemerintah, media, dan teknologi. Pemerintah Vietnam sangat transparan dalam menyajikan informasi-informasi terkait virus COVID-19 dan juga sangat tanggap dalam penanggulangan virus. Pemanfaatan media informasi juga dilakukan dengan sangat baik dan maksimal. Selain pada media informasi, penggunaan teknologi aplikasi software juga sangat membantu masyarakat.

Referensi

Ha, B., Ngoc Quang, L., Mirzoev, T., Tai, N. T., Thai, P. Q., & Dinh, P. C. (2020). Combating the COVID-19 Epidemic: Experiences from Vietnam. International journal of environmental research and public health, 17(9). https://doi.org/10.3390/ijerph17093125

Huynh, T. (2020). The COVID-19 containment in Vietnam: What are we doing?. Journal of global health, 10(1). https://doi.org/10.7189/jogh.10.010338

Le, H. T., Nguyen, L. V., Tran, D. M,. Do, H. T,. Tran, H. T,. Le, Y. T,. & Phan, P. H. (2020). The first infant case of COVID-19 acquired from a secondary transmission in Vietnam. The Lancet. Child & adolescent health, 4(5), 405–406. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30091-2

Author:

4 thoughts on “COVID-19 Containment di Taiwan : Bagaiamana Taiwan Berhasil Mencegah Ledakan Pandemi COVID-19

  1. Pingback:darkfox market

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *