Perbedaan Perkembangan Ekonomi Jepang dan Cina

Pada tahun 1700, PDB Cina dan Jepang per kapita hampir sama. Namun pada pertengahan abad ke 20, PDB Cina per kapita menurun perlahan sedangkan PDB Jepang per kapita menaik perlahan. Pertumbuhan PDB Jepang per kapita sekitar empat kali lipat dari PDB Cina per kapita. Lalu, perlahan pertumbuhan PDB Cina per kapita meningkat secara signifikan namun Jepang lebih baik hingga akhir tahun 1970. Pihak swasta merasa lebih aman menaruh hak miliknya di Jepang dibandingkan di Cina karena Jepang berbuat banyak untuk meningkatkan ekonominya dan tentunya lebih baik dari Cina selama tiga abad terakhir. Oleh karena itu, insentif untuk bekerja dan menabung lebih baik di Jepang dibandingkan dengan Cina. Orang-orang lebih menyukai kerangka politik di Jepang lebih daripada di Cina yang lebih menyukai hak milik pribadi. Sedangkan kaisar Cina menganggap dirinya tidak hanya sebagai penguasa Cina, tetapi juga sebagai pemilik utama dari seluruh wilayahnya sementara di Tokugawa Jepang sebagian besar wilayahnya dikendalikan oleh Daimyo bukan oleh Shogun atau Kaisar.

Pembagian kerja dan komersialisasi sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Adam Smith (1776/1976) telah mengamati bahwa pembagian tenaga kerja meningkatkan produktivitas negara dan bergantung pada ukuran pasar. Tanpa pedagang, ukuran pasar tentunya terbatas. Kekayaan pedagang selalu menarik perhatian kleptokratis para penguasa. Namun apabila ingin mendapatkan peluang yang lebih baik, pedagang harus memainkan peran “pangeran” dalam melawan satu sama lain. Hak milik pedagang lebih aman di Jepang daripada di Cina karena perbedaan struktur politik kedua negara tersebut. Perbedaan struktur politik kedua negara tersebut merupakan bagian dari penjelasan ekonomi divergen perkembangan kedua negara apabila hak milik pedagang lebih aman di Jepang daripada di Cina (Weede, 2003).

Kedua pemimpin yaitu Manchu China maupun Tokugawa Jepang tidak mengembangkan hak kepemilikan yang aman untuk pedagang, pengrajin, atau petani. Dalam ketiga kelas masyarakat tersebut, massa harus memberi makan kelas penguasa namun hak yang mereka dapatkan hanya sedikit. Kebebasan atau hak untuk melawan kelas atas atau pemimpin dibatasi dan tidak adanya pengadilan hukum independen. Tetapi situasi di Cina dan Jepang saat ini cukup berbeda dalam beberapa hal penting. Akibat feodalisme di Jepang dan patrimonialisme di Cina, fragmentasi politik di Jepang dan persatuan kekaisaran di Cina, kewenangan pemerintahan lebih terbatas dan tentunya lebih mudah diatasi di Jepang daripada di Cina. Jika pertumbuhan ekonomi adalah tujuan utama dari kebijakan nasional Cina, maka Jepang memiliki karakteristik tetangga yang ideal seperti kaya, berpendidikan, dan sistem pemerintahan yang tidak kecanduan dengan pajak. Karakteristik seperti itu dapat menjadi contoh bagi negara-negara lainnya. Pada akhir abad ke-20, ekonomi di Asia Timur, termasuk Cina dan Jepang menjadi lebih bergantung satu sama lain atau interdependensi. Pada pertengahan 1980-an, mata uang Yen memaksa eksportir Jepang untuk membangun anak perusahaan dan pemasok di Asia berupah rendah, termasuk Cina Daratan. Menurut Gilpin (2000),  relokasi produksi yang dilakukan oleh perusahaan Jepang menyiratkan “re-Asianisasi Jepang”. Hal tersebut bukan hanya untuk mengatasi konsekuensi dari penguatan yen, tetapi juga merupakan bagian dari strategi keamanan, sebuah harapan untuk “perdamaian melalui perdagangan”. Menurut Gilpin (2000), melalui perdagangan, investasi, dan bantuan luar negeri, Jepang berharap dapat mengubah Cina sebagai mitra ekonomi yang lebih tertarik pada ekonomi dan dapat hidup berdampingan daripada melakukan ekspansi militer dan konfrontasi politik.

Daftar Pustaka

Gilpin, R. (2000). The Challenge of Global Capitalism. Princeton University Press.

Weede, E. (2003). Comparative Economic Development in China and Japan. University of Bonn. https://www.diw.de/documents/dokumentenarchiv/17/41578/paper-013.pdf

Author:

58 thoughts on “Perbedaan Perkembangan Ekonomi Jepang dan Cina

  1. Woaaaahhhh luar biasa lengkap rangkumannya. Sering-sering bikin yang seperti ini ya kak. Makasih sudah menambah pengetahuan dd.

  2. Pingback:world market url
  3. Pingback:쿠쿠티비

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *