Konsep Developmental State Jepang

         Siapa yang tak mengenal Toyota, Sony, Yamaha, bahkan Play Station 5 yang baru dirilis tahun 2020 ini yang menjadi sorotan di berbagai belahan dunia saat ini. Keberhasilan Jepang dalam mengembangkan industri teknologi yang terbuka akan pengetahuan barat, merupakan awal bangkitnya kemajuan perekonomian jepang saat ini. Paska restorasi Meiji tahun 1868, sebagai titik awal sejarah bagi jepang atas pemikiran revolusioner atas sosial, ekonomi, politik dan budaya yang mana berdampak kepada kemajuan pengetahuan dan sektor industri teknologi yang akan membawa kepada kemajuan bagi negaranya tanpa menghilangkan identitas budaya jepang. Sangat menarik bahwa Jepang sebagai negara berpengaruh di kawasan Asia Timur mampu memimpin dan pionir dalam membangun ekonomi kawasan Asia Timur Seperti Hong Kong, Korea Selatan, dan Tawian yang dapat disebut sebagai Negara Industri Baru atau Newly Emerging Industrialized Countries (NICs).

            Developmental State itu sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Chalmers Jhonson yang mana merupakan konsep yang digunakan untuk melihat perkembangan sejarah atas perkembangan politik dan ekonomi jepang yang pesat. Yang mana dalam hal tersebut Chalmers melihat bahwasanya dalam konsep tersebut Jepang dalam prinsipnya merencanakan pembangunan ekonomi sebagai sebuah keputusan negara sebagai aktor utama dalam mendukung kemajuan ekonomi yang terkoordinasi pada birokrasi yang mendukung akan kemajuan negara. Dalam orientasinya, Jepang melihat sebagai negara yang lebih proaktif terhadap pengembangan negaranya melalui peran aktifnya di sistem internasional yang mana pada implikasinya dengan kekuatan industri dan berupaya dalam membuat norma dalam sistem internasional sebagai peluang bagi Jepang dalam politik luar negerinya (Tonami, 2018).

            Menurut (Tanomi, 2018) bahwasanya Develomental State Jepang pada konsepnya merupakan langkah bagi Jepang atas mempertahankan posisinya dalam tatanan global dan ekonomi politik kawasan yang mana dalam mencapai keamanan ekonomi negaranya, Jepang berupaya untuk berperan aktif dalam mempromosikan dalam pengembangan  pengetahuan, bantuan dan ekonomi yang berorientasi kepada sistem internasional sehingga dapat memperoleh pengaruh internasional, yang paling dikenal saat ini ialah Official Development Assistance Japan (ODA) dan Japan Development Bank (JDB).

            Tidak hanya itu, Keberhasilan percepatan kemajuan ekonomi Jepang melalui Develomental state menurut (Subagyo, 2014) dapat dilihat dari bagaimana Jepang dalam memosisikan dirinya pengembangan yang bersifat substansi sosial dan tujuan ekonomi yang ingin dicapai oleh jepang, dari segi kebijakan prioritas ekonomi, jepang lebih melihat kepada bagaimana negara mampu menciptakan pasar global yang stabil dan kompetitif serta efektif, dalam permasalahan Jepang lebih menyerahkan kepada birokrasi sebagai norma yang proaktif dalam pengambilan keputusan. Pasalnya birokrasi dalam develompetal state  bagi jepang merupakan bagian yang krusial karenanya kebijakan yang dibuat atau dirancang merupakan tanggung jawab birokrasi dalam melaksanakan dan memastikan pengimplementasian pengembangan (Ng, 2008). Dalam kebijakan Industrialisasi Jepang pada prinsip developmental State Jepang menyediakan dana pinjaman bunga rendah dan subsidi untuk pengembangan industri, membolehkannya transfer teknologi, menyediakan kawasan industri dan memudahkan fasilitas terhadap pengembangan transportasi dan bimbingan administrasi  bagi bisnis swasta maupun publik.

            Perencanaan yang strategis serta terstruktur yang dapat diukur melalui pemikiran visioner yang berjangka panjang merupakan kepentingan nasional yang strategis bagi Jepang dalam pengimplemntasian Jepang mampu memainkan pengaruhnya sebagai aktor utama dalam pembangunan ekonomi di kawasan Asia Timur.  konsep yang jepang terapkan bahwasanya menjadi tolak ukur bagi jepang saat ini untuk mengambil dan tindakan bagi negaranya untuk memperoleh kepentingan nasional yang strategis.

Daftar Pustaka 

Tonami, A. (2018). Exporting the developmental state: Japan’s economic diplomacy in the Arctic, Third World Quarterly. 39(6), 6-7 https://10.1080/01436597.2017.1415142

Ng, Charlotte. (2020, December 31). The ‘Developmental State’ and Economic Development https://www.e-ir.info/2008/06/15/the-developmental-state-and-economic-development/

Subagyo, M. (2014). Japan As A Plan Rational And Developmental State: The Government’s Role In High Speed Growth Of Economy In The Postwar Period. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 4(2), 189-195 https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.857

Author: Muhamad Ali

i learn, i know, i can.

4 thoughts on “Konsep Developmental State Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *