Dinamika Hubungan Kerja Sama Antara Jepang – ASEAN

Di dalam kehidupan ini, perlu kita sebagai umat manusia untuk  menjaga hubungan dengan baik. Karena dalam ilmu sosial manusia tidak lah dapat hidup dengan sendiri. Sama halnya seperti menjaga hubungan antar personal, kelompok, sekalipun antar negara. Seperti negara yang berada di Asia Timur ini, yakni Jepang. Jepang adalah salah satu negara yang sangat amat baik dan erat menjaga suatu hubungan secara internasional maupun nasional. Jepang sangat mampu menjaga keharmonisan hubungan kepada negara-negara yang ada di dunia, mungkin salah satunya negara-negara yang berada di wilayah ASEAN. Sesuai dengan judul di atas, Jepang sangat berpengaruh bagi negara-negara yang berada di wilayah ASEAN. ASEAN adalah wadah kerja sama di Asia Tenggara yang dibentuk pada Tanggal 8 Agustus 1967, di Singapura. Tujuan ASEAN, sebagai organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara. Adanya kepentingan yang kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. (Setnas-ASEAN, 2019). Lalu apa pengaruhnya, Jepang bagi Negara Asean?  Atau sebaliknya, Negara Asean bagi Jepang? Bagi Negara-Negara Asean sendiri, Jepang adalah salah satu peran penting dan mitra dagang terbesar bagi ASEAN, bersama dengan Amerika Serikat. Jepang juga merupakan sumber dana investasi yang terbesar sendiri, pemberi ODA terbesar bagi ASEAN, dan negara sumber wisatawan terbanyak yang datang ke ASEAN. (Kedutaaan Besar Jepang, 2003a) Menurut Jepang, Asean adalah mitra dagang terpenting kedua untuk berinvestasi selain di Asia Timur. Selain dari segi perekonomian, Jepang juga sangat menjaga hubungan erat dengan Asean dari berbagai segi. Seperti Pendidikan dan budaya, Politik, Keamanan, dan lain-lain.

Dalam sektor pendidikan dan budaya, Jepang adalah salah satu negara yang patut di apresiasi oleh negara-negara lain. Negara lain mengakui bahwa Bidang Pendidikan Dan Budaya di Jepang itu sangat patut dan di contoh oleh dunia. Karena bagi Jepang, Pendidikan Dan Budaya adalah suatu hal yang penting bagi seluruh negara, sebab itu salah satu hal yang mampu menunjang dan membangkitkan suatu perekonomian dalam suatu negara. Salah satu ajang untuk memperkenalkan budaya Jepang, mereke mengikuti program pertukaran pelajar antar negara, agar negara saling bertukar informasi dan pengetahuan atas apa yang di dapat pengetahuan atau ilmu dari masing-masing negara, sehingga budaya Jepang di kenal khalayak dunia.

Dengan cara seperti ini, budaya dan ciri khas negara dapat terkenal dan itu terbukti nyata, karena jumlah mahasiswa atau pelajar dari negara-negara ASEAN yang belajar di Jepang juga kian bertambah dari tahun ke tahun, sekitar total 10% dari seluruh mahasiswa asing yang ada di Jepang. Sehingga itupun menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu, Jepang mengadakan ASEAN FUND guna untuk memajukan kebudayaan dan Ciri Khas di kawasan ASEAN, melalui pertukaran Pemuda Khususnya Mahasiswa dan Pelajar. Salah satu hal dari ASEAN FUND yang berhasil diselenggarakan yakni mengundang para pemuda Asia Tenggara untuk mengunjungi Jepang dengan maksud meningkatkan pengertian di bidang politik, ekonomi dan kebudayaan; melalui Program “Kapal Pemuda Asia Tenggara”, yaitu pelayaran bersama para pemuda Jepang dan negara-negara ASEAN, dan lain-lain. (Kedutaaan Besar Jepang, 2003b) Jepang pun juga melontarkan “Dana Pertukaran Ilmu Pengetahuan ASEAN” ditujukan untuk proyek pertukaran di bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Selain dari segi pendidikan dan budaya, Jepang juga meningkatkan hubungan dari segi pertahanan dan keamanan negara. Jepang adalah salah satu negara yang mungkin memiliki Senjata serta alat keamanannya sendiri yang terbilang patut di segani dan di waspadai. Beberapa tahun belakang, Jepang harus memikirkan kembali tentang keamaan dan pertahanan negaranya. Karena wilayah dibagian Asia Timur dalam beberapa tahun terakhir selalu menjadi sorotan dunia, baik dari segi kekuatan ekonomi dan sekarang keamanan wilayah. Tiongkok yang cukup koersif terhadap tetangganya, tindakan provokatif Korea Utara dan sengketa wilayah menjadi inti permasalahan keamanan di wilayah ini.(Resnadiasa, 2014) Jepang sangat giat bekerjasama dalam hal ini, khususnya bekerjasama dengan negara-negara ASEAN.

Dengan berpatokan pada sektor teknologi, Jepang justru bidik negara ASEAN untuk bekerja sama dalam bidang Pertahanan dan Keamanan. Pada tanggal 12-14 Juni 2017 di Tokyo, Jepang mengundang 5 negara Asean yakni meliputi Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia Dan Thailand dengan cara melakukan seminar secara terpisah. Jepang berniat melakukan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan khususnya militer dengan negara-negara ASEAN sehingga menghasilkan kerja sama perdagangan senjata di wilayah Asia Tenggara. Seiring pertumbuhan ekonomi yang pesat dan ancaman keamanan di Laut Cina Selatan, mendorong negara-negara ASEAN menggandakan belanja alutsista menjadi 40 miliar Dolar AS 2016 silam.

Selain menjaga hubungan dengan bekerja sama dalam bidang yang sudah dituliskan diatas. Jepang juga bekerja sama dalam bidang lingkungan hidup, pembangunan, dan kesehatan. Demi menjaga keutuhan hubungan dengan negara-negara ASEAN. Seperti melalui ODA, Jepang membantu negara-negara yang berada di ASEAN guna mencegah kembalinya krisis ekonomi dan meningkatkan Sumber daya manusia yang handal. Melalu KTT Asean, di Ajukanlah 10 pokok materi yang disebut dengan Obuchi Plan yang meliputi bantuan keuangan, pendidikan,  lingkungan dan kesehatan. Hingga kini, melalui ODA, Jepang terus meningkatkan Kerja sama dan menjalin hubungan dengan ASEAN dengan cara memprioritaskan pembangunan. Rencana selanjutnya, ASEAN dan Jepang membangun hubungan kerjasama dan persahabatan yang meliputi berbagai bidang dan mentargetkan tercapainya kemitraan yang lebih erat dan lebih luas di masa mendatang. Terutama bagi Indonesia yang sudah tidak di ragukan lagi hubungannya dengan Indonesia. Akhir-Akhir ini Jepang berencana bekerja sama dalam hal politik, pendidikan, ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan sumber daya manusia.

Referensi

Kedutaan Besar Jepang. (2003a). Jepang dan ASEAN, Jalinan Erat Kerjasama Ekonomi dan Kerjasama di Berbagai Bidang Tahun 2000. https://www.id.emb-japan.go.jp/aj300_07.html

Kedutaan Besar Jepang. (2003b). Bertindak Bersama dan Maju Bersama
Japan-ASEAN Commemorative Summit Tahun
2002. https://www.id.emb-japan.go.jp/aj304_02.html

Resnadiasa, G. (2014). Kebijakan Pertahanan Jepang dalam Merespon Situasi Keamanan di Asia Timur Melalui Peningkatan Kerjasama Keamanan dengan India. [Skripsi, Universitas Gajah Mada]. UGM etd. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/76322

Setnas-ASEAN. (2019, 16 Januari). Tujuan ASEAN, Lengkap dengan Sejarah Berdirinya dan Pembentukan Komunitas ASEAN 1967. http://setnas-asean.id/news/read/tujuan-asean-lengkap-dengan-sejarah-berdirinya-dan-pembentukan-komunitas-asean

Author: Alysia Rosyadah

22 thoughts on “Dinamika Hubungan Kerja Sama Antara Jepang – ASEAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *