Bantuan Jepang dan Korea Selatan dalam Penanganan COVID-19 di Indonesia

Di artikel kali ini, saya akan membahas sebuah jurnal yang membahas tentang bantuan penanganan covid 19 dari negara Jepang dan Korea Selatan ke Indonesia dan mengkritisi adanya kepentingan ekonomi di balik diplomasi kesehatan. jurnal ini sangat membantu dalam mengetahui informasi terkait apa saja yang bantuan penanganan covid 19 dari negara Jepang dan Korea Selatan ke Indonesia. Untuk lebih lanjutnya mari kita simak pembahasan kali ini.

sebelum masuk ke dalam pembahasan, saya akan menjelaskan pengertian apa itu bantuan luar negeri dan apa saja yang dapat disebut sebagai bantuan luar negeri. Bantuan luar negeri adalah uang yang secara sukarela ditransfer oleh satu negara ke negara lain, yang dapat berupa hadiah, hibah, atau pinjaman.hall ini didasari atas kepentingan nasional tiap negara dalam memberikan bantuan.

Seperti yang dikemukakan oleh Carol Lancaster (2007) bahwa bantuan luar negeri digunakan untuk empat tujuan utama yaitu : diplomatik, pembangunan, bantuan kemanusiaan, dan komersial. Dalam hal ini, bantuan luar negeri yang diberikan oleh Pemerintah Jepang dan Korea Selatan ke Indonesia dilakukan untuk mencapai beberapa tujuan yang meliputi beberapa kepentingan, yaitu:

  1. Diplomatik
  2. bantuan kemanusiaan
  3. komersial.

Berdasarkan kepentingan yang sudah disebutkan di atas, hal tersebut menjelaskan bahwa berkaitan dengan tujuan diplomatik antar negara, bantuan luar negeri tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan politik, seperti upaya untuk mempertahankan sphere of influence atau simbol untuk menjaga hubungan baik antar pemerintah; dalam hal bantuan kemanusiaan, bantuan tersebut diberikan untuk menunjang kapasitas dan sumber daya negara penerima untuk mengakomodasi atau memenuhi kebutuhan masyarakat; sedangkan tujuan komersial dikaitkan dengan upaya untuk melakukan ekspansi pasar ekspor serta mengamankan akses impor terhadap kebutuhan bahan mentah di negaranya (Lancaster, 2007).

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, masing-masing pemerintah telah mengemukakan bahwa bantuan yang diberikan sebagai salah satu upaya diplomatik guna menjaga hubungan baik antar pemerintah. Baik Pemerintah Jepang dan Korea Selatan telah menjelaskan bahwa kedua negara berupaya untuk menjaga hubungan persahabatan yang telah dijalin sejak lama dengan Pemerintah Indonesia. Selain itu, bantuan juga diberikan sebagai upaya untuk menunjang kapasitas Pemerintah Indonesia, baik dari segi sumber daya maupun materi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat guna penangangan Covid-19.

Oleh karena itu, Pemerintah Jepang dan Korea Selatan bersama dengan beberapa perusahaan multinasionalnya  bekerjasama memberikan bantuan kepada Indonesia berupa alat-alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan rapid test dan PCR. Alat tersebut berguna sebagai pendeteksi awal bagi pasien yang terinfeksi Covid-19 serta peralatan medis dan obat-obatan untuk bagi pasien Covid-19 di Indonesia. Di sisi lainnya, bantuan yang diberikan oleh kedua negara terhadap Pemerintah Indonesia juga memiliki tujuan komersial. dalam penyataannya, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi yang mengatakan bahwa pengiriman alat PCR dan alat rapid test tersebut sebagai bentuk kerangka kerjasama Government to Government dan Business to Business (“Jepang Kirim Hibah Obat Covid 19 Untuk Indonesia Bulan Ini”, 2020).

Kasus Covid-19 menggarisbawahi sebuah benturan yang menarik. Di satu sisi, terdapat pentingnya sebuah kesadaran dalam mengatasi isu pandemik yang mengancam keamanan seluruh manusia di seluruh muka bumi, yaitu virus COVID-19. Jepang dan Korea Selatan merupakan dua negara yang memiliki peran besar bagi keberlangsungan perekonomian Indonesia, utamanya bagi sektor produksi. selain itu aksi kolektif dalam menangani COVID-19 juga memiliki nilai lebih sebagai suatu bentuk diplomasi yang dilandasi kepentingan ekonomi yang bisa diobservasi (Purbantina, 2020).

Artikel ini bertujuan untuk mengkritisi adanya kepentingan ekonomi di balik diplomasi kesehatan. Kepentingan nasional, termasuk kepentingan ekonomi, adalah sebuah elemen utama diplomasi. Melalui kasus yang sudah diangkat, dapat disimpulkan bahwa :

1) bahwa seiring dengan semakin terkoneksinya perekonomian negara-negara di dunia (yaitu melalui sistem produksi global), perekonomian global semakin rentan akan isu-isu kesehatan seperti pandemi Covid-19 .

2) negara-negara berkembang, sebagai host countries, memiliki arti penting bagi negara-negara maju yang membutuhkan tempat produksi. Dengan menyadari arti penting inilah, maka kebijakan luar negeri dapat dimaksimalkan, utamanya ketika hal ini berkaitan erat dengan keamanan manusia.

Daftar Pustaka

Jepang Kirim Hibah Obat Covid 19 Untuk Indonesia Bulan Ini. (2020, 13 April). https://www.cnnindonesia.com/internasio nal/20200413123021-113-492984/jepang-kirim-hibah-obat-covid-19-untuk-indonesiabulan-ini

Lancaster, C. (2007). Foreign Aid: Diplomacy, Development, Domestic Politics. The University of Chicago Press

Purbantina, A. P. & Hapsari, R. D. (2020). Diplomasi Kesehatan di Era Pandemik Global: Analisa Bantuan Penanganan Covid-19 dari Negara Jepang dan Korea Selatan ke Indonesia. Global & Policy, 8(1), 1-18. http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jgp/article/view/2167/1622

Author:

60 thoughts on “Bantuan Jepang dan Korea Selatan dalam Penanganan COVID-19 di Indonesia

  1. Terimakasih sudah membuat artikel yang sangat informatif! Ternyata penting banget yaa koneksi antara satu negara dengan negara lainnya.. Nambah ilmu baru deh. Terimakasih^.^

  2. Sangat informatif dengan penjelasan yang singkat tetapi mampu menghasilkan informasi yg jelas juga bahasa yang mudah dipahami, serta isu yang diambil sangat menarik!

  3. Wah baru tau kalo korsel dan jepang ikut serta juga.
    Artikelnya sangat informatiff hyung!!
    Wawasan saya jadi bertambah
    Terimakasihh!!!! :))

  4. Bantuan korsel dan juga jepang tersalur ke indonesia melalui kerjasama asean+3, sangat menarik author ditunggu artikel selanjutnya.

  5. MasyaAllah, menarik betul artikelnyaa. Semangat terus ya jangan berenti sampai disinii, ditunggu artikel menarik selanjutnya🖤

    1. Sangat informatif dan menambah wawasan nih, jadi pengetahuan baru buat kita kita yg belum tau. Infonya juga mudah di mengerti. Terimakasih infonyaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *