Jepang Dan Asean Regional Forum (ARF)

ASEAN REGIONAL FORUM (ARF)
Asean Regional Forum (ARF) merupakan sesuatu forum yang dibentuk oleh ASEAN pada tahun 1994 sebagai suatu wadah untuk mengkonsultasikan hal-hal mengenai politik dan keamanan di suatu kawasan dan juga untuk meminimalisir berbagai ancaman keamanan yang ada di kawasan. Terbentuknya Asean Regional Forum penggerak utamanya adalah ASEAN. Asean Regional Forum merupakan satu-satunya forum di level pemerintahan yang dihadiri oleh seluruh Negara-negara kuat di kawasan Asia Pasifik dan kawasan lain seperti Amerika Serikat, Republik Rakyat China, Jepang, Rusia dan Uni Eropa (UE) (kemlu.go.id). Di dalam Asean Regional Forum ini, disepakati bahwa konsep keamanan itu tidak hanya mencakup hal militer dan isu tradisional saja, akan tetapi mencakup aspek ekonomi, politik, social dan isu non-tradisional. Anggota dari Asean Regional Forum berjumlah 27 negara yang terdiri dari seluruh Negara anggota ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand, Filiphina) serta 10 negara Mitra Wicara ASEAN yaitu Amerika Serikat, Kanada, China, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, dan Uni Eropa. Serta ada juga beberapa Negara di kawasan diantaranya Papua Nugini, Mongolia, Korea Utara, Pakistan, Timor-Leste, Bangladesh dan Sri Lanka. Di dalam Asean Regional Forum terdapat 2 tujuan utama yaitu : Mengembangkan dialog dan konsultasi konstruktif mengenai isu-isu politik dan keamanan yang menjadi kepentingan dan perhatian bersama dan memberikan kontribusi positif dalam berbagai upaya untuk mewujudkan confidence building dan preventive diplomacy di kawasan Asia Pasifik. Metode yang digunakan oleh Asean Regional Forum yaitu menggunakan metode partisipasi dan kerjasama yang aktif, penuh dan seimbang pagi anggota Asean Regional Forum.
Pada Asean Regional Forum memiliki 2 jalur untuk menyelesaikan konflik, yaitu First Track dan Second Track. First Track merupakan pertemuan resmi antar pejabat dalam sidang Asean Regional Forum, sedangkan Second Track yaitu melibatkan para akademisi dan lembaga-lembaga yang terkait seperti ASEAN-ISIS (umy.ac.id). Di dalam Asean Regional Forum juga diterapkan yang namanya prinsip transparansi kepada sesama, sehingga dengan adanya prinsip keterbukaan tersebut akan membuat Negara anggota menjadi semakin menjalin perdamaian antara satu sama lain. Dengan terjalinnya rasa perdamaian tersebut, akan memberikan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya kesuksesan pembangunan nasional yang nantinya juga akan berdampak positif bagi masyarakat di kawasan. Dalam Pertemuan Tingkat Menteri ke-27 ASEAN tahun 1994, para Menteri Luar Negeri Menyetujui “ARF could become an effective consultative Asia-Pacific Forum for promoting open dialogue on political and security cooperation in the region. In this context, ASEAN should work with its ARF partners to bring about a more predictable and constructive pattern of relations in the Asia Pasific” (kemlu.go.id). Masalah yang dibahas di Asean Regional Forum ini sangat beragam. Salah satunya membahas mengenai batas wilayah geografis seperti kasus Laut China Selatan dan Semenanjung Korea.

ASEAN REGIONAL FORUM (ARF) TERHADAP ISU LAUT CHINA SELATAN (LCS) DAN SEMENANJUNG KOREA
Pada saat Asean Regional Forum ini dibentu, banyak pihak yang mengharapkan forum ini dapat meredam Negara yang memiliki ambisi hegemonic, terutama terkait masalah Laut China Selatan. Dalam kasus Laut China Selatan ini terdapat adanya persaingan antara China dan AS yang dimana mereka saling berlomba untuk meningkatkan keberadaannya di kawasan. Dimana pada ssat itu China menolak tegas kepada pihak yang berada diluar masalah Laut China Selatan ini untuk ikut campur, terutama Amerika Serikat dan Jepang. Pada saat kasus inilah, Asean Regional Forum memiliki peran yang penting. Meskipun Asean Regional Forum ini dihadiri oleh kekuatan Negara besar, akan tetapi Asean Regional Forum tetap memprioritaskan ASEAN dalam hal apapun. Selain kasus tersebut, ada juha kasus semenanjung Korea. Dalam hal ini, ASEAN melalui ARF ikut hadir sebagai pihak yang dapat dipercaya oleh pihak yang bertikai. Situasi di semenanjung Korea yang situasi nya belum kondusif terutama yang diebabkan oleh aksi uji coba rudal balistik Korea Utara yang terjadi secara berulang tentunya tidak dapat dibiarkan terus menerus terjadi. Oleh karena itum cara damai dan dengan melakukan diplomasi atau dialog adalah cara terbaik dalam kasus tersebut. Dalam kerangka itulah kehadiran Asean Regional Forum sebagai forum dialog dan konsultasi terkait isu politik dan keamanan terutama bagi pihak yang bersangkutan perlu dimanfaatkan oleh ASEAN, dengan cara membujuk para pihak yang bertikai agar mau menanggapi isu ini dengan sungguh-sungguh. Dari beberapa isu diatas yang dibahas yang bersangkutan dengan Asean Regional Forum, memperlihatkan bahwa Asean Regional Forum memiliki arti penting dalam menjaga stabilitas kawasan, bila Negara-negara anggota peserta forum ini memiliki komitmen yang kuat untuk menjadikan Asean Regional Forum sebagai forum dialog konstruktif di antara mereka. (dpr.go.id). Dengan terwujudnya prestasi ASEAN dalam hal memelihara perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Tenggara pastinya akan menjadi modal berharga bagi posisi ASEAN di Asean Regional Forum, sehingga anggotanya juga dapat menikmati pertumbuhan ekonomi yang baik.

JEPANG DALAM KEPEMIMPINAN INSTITUSI REGIONAL
Adanya saingan bagi Jepang khususnya di kawasan Asia Timur yaitu China melahirkan dorongan bagi integrasi kawasan yang diperani oleh kedua Negara tersebut melalui berbagai forum multilateral, contohnya seperti ASEAN Plus Three (APT), Six Party Talks (6PT), dan Asean Regional Forum (ARF). Di dalam forum-forum tersebut, terlihat sekali bahwa adanya pengaruh yang dominan dari Jepang dan China. Contohnya seperti peran Jepang yang terlihat sangat dominan dalam forum East Asia Summit. Hal tersebut dianggap sebagai salah satu kekuatan Jepang untuk kepentingan nasional agar unggul secara ekonomi di kawasan, khususnya kawasan Asia Timur. Hal lain yang di dominasi oleh Jepang adalah keterlibatan Jepang dalam 6PT. Dalam hal ini, Jepang bersama 6 anggota lainnya menginginkan adanya resolusi damai terhadap isu peluncuran senjata nuklir di Korea Utara. Selain dominasi Jepang di 6PT, Jepang juga memiliki peran dominan dalam Asean Plus Three (APT). Di Asean Plus Three, Jepang mengusulkan Comprehensive Economic Partnership antara Jepang dengan Negara ASEAN yang di dalamnya juga terdapat perjanjian investasi dan perdagangan, iptek, dan pariwisata. Dari beberapa peran yang dilakukan Jepang, memang sangat terlihat bahwa Jepang juga memegang peran penting dalam suatu kawasan, yaitu Asia Timur.

PERAN JEPANG DALAM ASEAN REGIONAL FORUM (ARF)
Seperti dijelaskan diatas tadi, bahwa Asean Regional Forum merupakan wadah untuk dialog keamanan bagi Negara anggota ASEAN, terlepas dari hal itu, ada Negara yang diluar anggota ASEAN ini memiliki peran juga dalam Asean Regional Forum, yaitu Jepang. Di dalam Asean Regional Forum, adanya peran Jepang terlihat dari usulan Menteri Luar Negeri Jepang, Nakayama Taro, pada tahun 1991 dalam ASEAN Post-Ministerial Conference untuk membentuk sebuah institusi multilateral yang lebih besar dari ASEAN itu sendiri (fisip.ui.ac.id). Saat pertemuan pertama, Jepang berhasil membuat 18 negara ikut serta sebagai anggota Asean Regional Forum. Sehingga bisa dikatakan bahwa peran Jepang dalam pertemuan pertama pembentukan Asean Regional Forum adalah hal yang sangat penting.

DAFTAR PUSTAKA

Veronica, N. W. (2014). Rivalitas China dan Jepang Dalam Institusi Regional Asia Timur, 16(1), 19-33. http://global.ir.fisip.ui.ac.id/index.php/global/article/download/9/207

Muhamad, V. S. (2017, Agustus). Arti Penting ASEAN Regional Forum Dalam Menjaga Stabilitas Kawasan. Majalah Info Singkat, IX(15),2. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-IX-15-I-P3DI-Agustus-2017-183.pdf

Kementrian Luar Negeri RI. (2019, 8 April). Kerjasama Regional: Forum Regional Asean. https://kemlu.go.id/portal/i/read/126/halaman_list_lainnya/forum-regional-asean-arf

Author:

4 thoughts on “Jepang Dan Asean Regional Forum (ARF)

  1. Pingback:Versus Market
  2. Pingback:realtor
  3. Pingback:dumps pin 226

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *